Jumat, 14 Januari 2011

Edukasi Penerapan ICT bagi Penyuluh Agama Islam Tasik


Setelah sukses dengan program Family Education bagi Siswa SBI melalui “Wisata Dunia Maya Bersama Keluarga” beberapa waktu yang lalu, Telkom Tasikmalaya kembali menggelar acara serupa berupa Pelatihan Penerapan ICT sebagai sarana penunjang Dakwah bagi 26 orang Penyuluh Agama Islam se-Kab. Tasikmalaya, berlangsung di Aula Plasa Telkom, Sabtu (15/01).

Dengan mengusung tema “Konvergensi Media Dakwah di Era Globalisasi”, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tasikmalaya, H. Syahban Hilal, S.H, M.Pd, saat membuka acara dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas dasar pertimbangan bahwa Penyuluh agama Islam adalah ujung tombak pembangunan di bidang Agama. Hal ini karena aktifitas dakwah mereka menyentuh langsung kepada masyarakat. Saat memasuki era globalisasi seperti sekarang, maka dapat dipastikan akan terjadi Simbiosis Mutualisme antara Penyuluh dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi itu sendiri. Oleh karena itu agar aktifitas dakwah mereka dapat berlangsung secara efektif dan efisien, diperlukan langkah nyata untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam penguasaan TIK. “Dengan menggandeng Telkom sebagai Operator TIK kelas dunia yang sangat berpengalaman, Alhamdulillah upaya tersebut akhirnya dapat diwujudkan”, tambahnya.

Melengkapi apa yang disampaikan Hilal, Manager CS Area Tasikmalaya, Wahyuddin selaku tuan rumah dalam penjelasannya mengatakan bahwa perkembangan TI saat ini sudah menyentuh semua level kehidupan. TI dapat dimanfaatkan secara maksimal baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia kerja. Beberapa contoh pemanfaatan TI, lanjut Wahyuddin antara lain untuk mengirim dan menerima laporan, mengirim undangan, dakwah via internet, dll. “Bila diimplementasikan secara benar, maka dapat menghemat anggaran yang siginifikan”, ungkapnya.

Untuk mengoptimalkan waktu yang tersedia, acara dilanjutkan dengan pengenalan internet dasar meliputi searching, browsing, surfing, blogging, e-mail, serta sosialisasi seputar konten-konten interaktif yang dimiliki Telkom sekaligus promo terbaru Speedy. Dengan gayanya yang khas dan enerjik saat memandu, Cucu Sri Mulyani beserta tim dari Modern Channel lainnya mampu membuat seluruh peserta antusias dan bersemangat mengikuti semua materi pelatihan hingga selesai.

5 komentar:

MI Tahfidz Qur'an Al-Hakim mengatakan...

Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya (dulu Depag)

Mamanya Siponcil mengatakan...

Semoga pelatihan ini dapat dimanfaatkan untuk syiar Islam, dengan memanfaatkan ICT Islam lebih maju

Mamanya Siponcil mengatakan...

Tks atas partisifasinya

dede mengatakan...

mudah-mudahan upaya dan usaha kita semua mendapat berkah-Nya dan selalu mendapat kemudahan dari-Nya. amiiin

A Syarif mengatakan...

Saya sangat berterimakasih atas segala yang telah bunda dan telkom tasik berikan. semoga jadi kebaikan yang ditemukan balasannya baik kini maupun kelak diakhirat. amiin